Membaca Diagram,Tabel, dan Grafik (MT 16-18)

Pengertian dan Definisi Diagram

Bagi para pelaku bisnis dan pengambil keputusan, kemampuan membaca diagram merupakan suatu keharusan. Penyajian data dalam bentuk diagram merupakan salah satu cara untuk membuat sebuah laporan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dibaca. Sebuah diagram bisa memuat banyak informasi sehingga dibutuhkan kecermatan dan keahlian tersendiri dalam membaca diagram.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi diagram, yang dikemukakan oleh para ahli :

  • Agus Supriatna; Diagram adalah gambaran atau sketsa untuk menerangkan hubungan antara dua hal atau lebih
  • Pustaka Widyatama; Diagram merupakan bentuk gambar yang menyatakan (berupa) data-data berfungsi menjelaskan , atau menerangkan sesuatu hal
  • Sutartini Fransiska; Diagram adalah gambar atau grafik berisi keterangan mengenai hal-hal tertentu yang menunjukkan hubungan antara besaran-besaran peubah
  • Julius Hermawan; Diagram merupakan artifak dari proses analisis
  • Agus Purwoto; Diagram merupakan alternatif penyajian data agar lebih menarik
  • Ismail Kusmayadi; Diagram adalah gambaran (buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu
  • Redaksi Kawan Pustaka; Diagram adalah gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu
  • Rhonda Abrams; Diagram merupakan cara yang baik untuk mengomunikasikan informasi penting atau mengesankan
  • Supadi, Sujito,Hendro Yulianto, Maas Shobirin; Diagram adalah alat yang digunakan dalam waktu singkat yang dapat menunjukkan pasangan – pasangan yang berurutan dan hubungan antara pasangan – pasangan

Membaca Tabel dan Grafik

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Bentuknya berupa kolom-kolom dan baris-baris. Biasanya fakta atau informasi itu hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun dalam urutan kolom dan baris. Tabel merupakan alat bantu visual yang berfungsi menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat, jelas, dan lebih menarik daripada kata-kata. Sajian informasi yang menggunakan tabel lebih mudah dibaca dan disimpulkan.

Grafik merupakan gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat. Dalam grafik terdapat dua jenis garis koordinat, yakni garis koordinat X yang berposisi horisontal dan garis koordinat Y yang vertikal. Pertemuan antara setiap titik X dan Y membentuk baris-baris dan kolom-kolom.

Seperti halnya tabel, grafik merupakan media visual yang sering digunakan untuk memperjelas suatu bacaan. Grafik memungkinkan penyampaian informasi yang kompleks secara lebih mudah. Media ini dapat memberikan gambaran suatu informasi secara jelas, mudah, menarik, dan efektif.

Umumnya grafik digunakan untuk membandingkan jumlah data. Selain itu, digunakan pula untuk menunjukkan fluktuasi suatu perkembangan jumlah, misalnya dalam rentang waktu lima tahun, enam tahun, sepuluh tahun, atau lebih. Dengan grafik, perbandingan serta naik turunnya suatu jumlah data akan lebih jelas.

Langkah membaca tabel dan grafik.

  1. Bacalah judulnya. Membaca judul merupakan kegiatan penting untuk memahami isi pesannya. Resapilah isi judul tabel dan grafik yang Anda hadapi, karena judul memberikan ringkasan yang padat tentang informasi yang akan disampaikan.
  2. Bacalah keterangan yang ada di atas, di bawah atau di sisinya. Keterangan itu merupakan kunci penjelasan tentang data yang disampaikan. Keterangan itu, misalnya dalam bentuk urutan tahun, persentase, atau angka-angka.
  3. Ajukan pertanyaan tentang tujuan tabel dan grafik itu. Caranya mudah. Kalian cukup mengubah judulnya menjadi pertanyaan, misalnya di mana, seberapa banyak, berapa perkembangannya, dan seterusnya. Jawaban pertanyaan tersebut diharapkan ada dalam tabel dan grafik yang Anda hadapi.
  4. Bacalah tabel dan grafik dengan selalu mengingat tujuan Anda, informasi apa yang Anda perlukan.

 

Referensi : carapedia.comkelasmayaku.wordpress.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Materi Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien