Pengertian Variabel, Koefisien, Konstanta, dan Suku (MT 13-15)

Sebelum masuk pada pembahasan, coba lihat video dibawah ini;

Variabel

Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a, b, c, … z.

Contoh 1:
Ibu membeli gula sebanyak dua kilogram, beras sebanyak lima liter dan minyak goreng sebanyak satu liter. Disini kita bisa ‘ubah’ kata gula dengan x dan beras dengan y dan minyak goreng dengan z. Sehingga belanjaan ibu bisa ditulis kedalam bentuk 2x, 5y dan z. Kalimat matematika yang mewakili total belanjaan ibu adalah 2x + 5y + z.

Koefisien

Koefisien pada bentuk aljabar adalah faktor konstanta dari variabel pada bentuk aljabar. Pada Contoh 1 terdapat tiga buah variabel, yaitu x, y dan z. Angka 2 adalah koefisien dari variabel x, angka 5 adalah koefisen dari variabel y dan koefisien dari variabel z adalah 1. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Contoh 2:

20110716-075447.jpg

Konstanta

Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta. Contoh 3:

20110716-083044.jpg

Suku

Suku adalah gabungan antara variabel beserta koefisiennya dan konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Berikut tipe-tipe suku

20110716-100014.jpg

Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak atau polinom.

Referensi: istanamatematika.wordpress.com

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Materi Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien