Perangkat Lunak Program Aplikasi (IT 13-15)

Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatu instruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin. Perangkat lunak dalam penggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:

  1. Sistem operasi (Operasi system)
  2. Program Utilitas (utilities Program)
  3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
  4. Program paket (Package Program)
  5. Bahana pemprograman (Programming Language)

Beberapa perusahaan yang ikut bergabung untuk membentuk standar dan teknik untuk dunia komputer mikro yang dikenal ISA (Industry Standard Architecture) maupun EISA (Enhanched Industry Standard Architecture) antara lain:

  1. COMPAQ Computer
  2. Advanced Logic Research (ALR)
  3. AST Research
  4. EPSON Amerika
  5. Everex Systems
  6. Hewlett Packard
  7. Olivetti
  8. Micronics
  9. Nippon Electric Corporation (NEC)
  10. TANDY Computers
  11. WYSE Tevhnology
  12. Zenith Corporation

Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:

1. Software system

Perangkat lunak sistem dibagi dalam 3 bagian:

a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi di antaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows.

b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas, seperti: anti virus, defragmenter, format disket, periksa sistem, dan sebagainya.

c. Bahasa pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasa BASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.

2. Perangkat lunak aplikasi

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halaman web, hingga perangkat media player, dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan. Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:

a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat. Contoh: Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.

b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik. Contoh: Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.


c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data. Data tersebut dapat berupa angka, kata atau gabungan angka dan kata. Contoh: dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, Microsoft Access, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.

d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio. Kemudian Real Player, Xing, atau Jet Audio yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.

e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer atau lebih, contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger seperti: Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.

f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalam bentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah: PC Globe, Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.

g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar), dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.

h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh: Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah: PC Brain, Hackers, My Heart, Pepsin, Bagle, MyDoom dan lainnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Materi Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien