Praktek Membuat Kincir Air dan Kincir Angin (SC 16-18)

A. Pembuatan Kincir Angin

Di Belanda, angin dapat berembus tanpa henti. Tiupan angin tersebut dimanfaatkan untuk kincir angin. Kemudian, putaran kincir angin digunakan untuk memompa air dari tanah. Kincir angin modern digunakan untuk pembangkit tenaga listrik, seperti pada gambar berikut.

Pembangkit listrik tenaga angin merupakan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan. Hal itu disebabkan teknologi tersebut dianggap bebas polusi. Selain itu, sumber energinya pun tersedia bebas di alam. Sekarang, tertarikkah kamu untuk dapat memahami cara kerjanya? Nah, kamu dapat mencoba membuat kincir angin sederhana. Untuk itu, lakukanlah kegiatan berikut. Terlebih dahulu kita sediakan dulu bahan-bahannya:

  1. Kertas karton ukuran 15 cm × 15 cm
  2. Gunting
  3. Pensil
  4. Penggaris
  5. Paku payung atau Jarum Pentul
  6. Batang kayu kecil yang panjangnya 25 cm

Langkah Kerja

  1. Gambarlah pada kertas karton dua garis menyilang dengan pensil. Pada bagian tengah dari pertemuan kedua garis silang, buatlah lubang kecil.
  2. Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros. Berhati-hatilah menggunakan gunting. Jangan sampai melukai tanganmu.
  3. Tekuklah bagian yang telah digunting ke arah poros dan tusukkan paku payung di bagian porosnya.
  4. Tusukkan paku payung atau Jarum Pentul pada sebatang kayu.

B. Pembuatan Kincir Air

  • Bambu 25cm diameter 0.5-1 cm sebanyak 4 buah.
  • Bambu 30-40 cm diameter 0,5-1 cm sebanyak 1 buah
  • Botol air mineral 1,5 liter 1 buah
  • Botol air mineral 600 ml 2 buah

Cara Pembuatan:
Tak perlu susah-susah mencari bambu berukuran diameter 0,5, berkreasilah dengan memanfaatkan bambu bekas pagar atau bekas rambatan tanaman kamu, lalu potong-potong hingga hasil yang diinginkan. Belah botol menjadi 3 bagian.

Lalu lubangi sebanyak 8 buah dengan posisi sama. Artinya jarak antar lubang haruslah sama.

Masukkan bambu ke dalam potongan botol seperti gambar ini. Lalu beri potongan botol berbentuk segi empat ke dalam setiap bambu 25 cm. Selanjutnya atur semua bahan seperti di bawah ini.

Selamat Berekperimen..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Materi Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien